Memesan Makanan Via Online
Memesan Makanan Via Online

Cara aman memesan makanan via online, baik jenis makanan siap saji di rumah makan dan restoran atau bahan-bahan mentah dari supermarket, minimarket bahkan pasar tradisional, jangan lupa untuk selalu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Tidak bisa dipungkiri, selama pandemi ini banyak orang yang lebih senang memesan makanan secara online, baik melalui restoran atau rumah makan. Memesan makanan via online memang dirasa lebih praktis daripada harus memasak sendiri. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan saat memesan makanan via online, supaya tetapa terjaga dari ancaman virus Corona.

Walau sebenarnya memasak makanan sendiri akan lebih aman dan terjaga nutrisi serta kebersihannya. Namun terkadang, karena kesibukan yang ada, membuat kamu jadi tidak sempat melakukan itu semua. Atau kamu merasa bosan dengan makanan di rumah, sehingga kamu ingin menikmati makanan dari tempat makan favorit.

Tapi gimana ya, kan lagi pandemi nih, apa aman ya kalau pesan makanan via online? Kalau virus Corona menular melalui makanan, gimana?

Memesan makanan via online sangat aman dilakukan, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang tepat sesaat setelah menerima pesanan. Bagaimana tentang virus Corona yang bisa menular melalui makanan? Menurut penelitian para ahli, virus Corona dapat bertahan di permukaan benda tertentu hanya selama beberapa waktu saja. Misalnya di permukaan tembaga, virus ini hanya mampu bertahan selama 4 jam saja, di permukaan benda berbahan kardus, virus ini hanya bertahan selama 24 jam, sedangkan di permukaan stainless steel dan plastik virus ini bisa bertahan selama 72 jam.

Walaupun begitu, kamu harus tetap berhati-hati, karena biarpun masa hidup virus terbilang cukup singkat atau paling lama sekitar 3 hari, bukan berarti aman. Kamu harus tetap memperhatikan kebersihan diri dan sekitar, terutama sehabis memegang benda dengan bahan-bahan tersebut.

Meski begitu, jarang penularan terjadi melalui cara tersebut, melainkan melalui kontak langsung dengan penderita Covid-29 dan terkena percikan dahak dari batuk atau bersin. Selain itu, menurut informasi yang dirilis oleh WHO, virus Corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan. Karena, untuk bisa bertahan hidup, virus ini membutuhkan inang berupa sel hidup manusia atau hewan.

Cara Aman Memesan Makanan Via Online

Berikut ini adalah cara pesan makanan via online yang aman, yaitu:

1. Hindari transaksi dengan sistem Cash On Delivery (COD), lakukanlah pembayaran dengan sistem non-tunai atau transfer, baik via e-wallet atau transfer bank.

2. Patuhi protokol kesehatan saat pesanan diantar/diterima, seperti memakai masker, menjaga jarak 1 meter, gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menerima barang, bersihkan permukaan wadah/bungkus makanan dengan tisu, kemudian langsung mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

3. Setelah tangan kembali bersih, segera pindahkan makanan dalam wadah, dan buang bungkus makanan dalam tempat sampah tertutup, kemudian kembali lagi mencuci tangan.

Bagaimana Jika Ingin Memesan Bahan-bahan Mentah, Buah dan Sayur?

Tidak jauh berbeda saat memesan makanan via online, kamu harus memperhatikan kebersihan juga. Mulai dari mencuci buah dan sayur di air mengaalir, dan gunakan sabun khusus sebelum dipindahkan ke dalam wadah. Sedangkan untuk frozen food, kamu bisa menggunakan wadah lain, kemudian simpan didalam freezer.

Setelah mengetahui cara aman memesan makanan via online, baik jenis makanan siap saji di rumah makan dan restoran atau bahan-bahan mentah dari supermarket, minimarket bahkan pasar tradisional, jangan lupa untuk selalu mengikuti langkah-langkah di atas, supaya terhindar dari tertular virus.

Memilih cara memesan makanan via online atau masak sendiri, ada baiknya memesan atau memasak makanan yang sehat dan cukup nutrisi ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu..