Yuk, Mencicipi Makanan Khas DKI Jakarta. Kamu Pilih yang Mana?

Menyantap makanan khas DKI Jakarta adalah suatu keharusan kalau Anda sedang berada di Jakarta. Mulai dari menu nasi, penganan ringan sampai soto, Kuliner Betawi memiliki cita rasa khas yang ringan dan juga mengenyangkan. Pilihan lokal ini tentu bisa jadi pilihan dari aneka makanan khas dari daerah lain di Indonesia.

Beragam Pilihan Makanan Khas DKI Jakarta Murah Meriah

Anda punya beragam pilihan untuk makan pagi, siang atau sore. Penganan asal Betawi juga bukan hanya disukai oleh warga Jakarta saja, tapi juga mereka yang berasal dari daerah lain. Berikut adalah beberapa pilihan makanan khas DKI Jakarta yang bisa ditemukan dimana-mana.

1. Soto Betawi

Soto Betawi

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki versi soto sendiri. Kalau Soto Betawi berisi mie, toge, bihun, jeroan sapi yang dilengkapi dengan kuah santan atau susu
. Makanan khas Betawi ini memiliki kuah yang kental menjadi pembeda dengan soto lainnya. Tambahan rempah yang melimpah membuat menu ini memiliki cita rasa nikmat.

2. Kerak Telor

Kerak Telor

Anda hanya akan menemukan kerak telor di Jakarta. Penganan ringan ini berbahan makanan berat yang terbuat dari nasi yang diolah dengan telur, dan serundeng. Adonan kerak dibakar diatas tungku api dan dikibas-kibaskan.
Makanan khas DKI Jakarta ini dibiarkan sampai mengeras dan membentuk kerak. Lalu, wajan dibalik jadi kerak telor mengenai api dan menghasilkan kerak yang khas.

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi

Makanan khas dari ibu kota Indonesia adalah asinan Betawi. Makanan daerah kerap memiliki kombinasi sehat dan asinan adalah salah satunya. Campuran berbagai sayuran sehat dan segar yang difermentasi dengan garam dan cuka ini memiliki rasa asam manis dan gurih yang kaya rasa. Ada potongan tahu dengan sawi, kubis, dan tauge yang kadang ditambahkan campuran cabai dan memberikan rasa pedas yang segar.

4. Gado-gado

Gado-Gado Betawi

Betawi termasuk daerah yang kaya dalam varian sayuran. Ada menu sayur lain yang mirip salad hanya bedanya ada tambahan saus kacang yang memberikan rasa gurih manis dan bisa ditambahkan dengan cabai sesuai pesanan.
Makanan khas DKI Jakarta ini berisikan tauge kacang panjang, kangkung, kubis, dan sayuran lain. Ini adalah opsi menu yang pas untuk makan siang yang sehat dan mengenyangkan.

5. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli Betawi

Masakan kerap saling mempengaruhi, inilah yang terjadi dengan Nasi Kebuli khas Betawi yang terinspirasi dari masakan Timur Tengah. Hal ini terjadi karena banyak keturunan Arab yang berasimilasi dengan warga Betawi. Paduan santan, kambing dan berbagai rempah membuat menu nasi ini sangat populer.

6. Nasi Uduk

Nasi Uduk Betawi

Ini adalah varian makanan Khas DKI Jakarta berbahan nasi yang kerap bisa ditemukan di pagi hari sebagai pilihan sarapan. Nasinya spesial karena dibuat dengan santan untuk menjadi gurih dengan sentuhan daun pandan yang harum. Pasangannya adalah tempe orek, telur, sambal, tahu dan kerupuk. Kalau di Luar Negeri, versi yang hampir mirip dengan kuliner ini adalah Nasi Lemak.

7. Semur Jengkol

Semur Jengkol Betawi

Jengkol kerap disemur dan disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk. Ini adalah olahan yang unik karena jengkol memiliki rasa yang pahit dan aromanya cukup kuat sehingga siapapun bisa mengetahui siapa saja yang baru memakannya. Ini adalah opsi menu makanan rumahan yang sangat menantang untuk dicoba bagi mereka yang tidak terbiasa dengan rasanya.

Ada banyak makanan khas DKI Jakarta yang bisa Anda coba kalau berkesempatan datang ke Jakarta. Beberapa pilihan makanan bahkan sangat mudah ditemukan di kaki lima dengan harga bersahabat. Sempatkan untuk mencicipi rasa lokal sebagai apresiasi cita rasa asli Indonesia dan mendukung pelestariannya. Makanan khas Indonesia tidak kalah dengan jenis makanan lainnya.

Baca juga: Daftar Makanan Khas Indonesia